Home / Handphone & Aksesoris

Jumat, 29 Oktober 2021 - 11:41 WIB

Harmonyos

Gambar: igizmo.it

Gambar: igizmo.it

Bagi Anda yang update dengan perkembangan dunia gadget, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya Harmonyos. Harmonyos merupakan sebuah sistem operasi buatan Huawei yang dikembangkan dari Android.

Harmonyos ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak 2019, munculnya Harmonyos dipicu karena terjadinya perang dagang antar China dengan Amerika Serikat. Imbas dari perang ini Huawei dilarang mendapat dukungan Android.

Karena itulah mau tidak mau mereka harus membangun OS mereka sendiri, yaitu Harmonyos. Meskipun banyak yang menganggap Harmonyos ini adalah tiruan dari Android, namun dua OS ini mempunyai beberapa perbedaan.

Yang pertama adalah Harmony-os tidak berbasis kernel Linux. Kernel sendiri merupakan sebuah inti dari sistem operasi yang berhubungan dengan hardware. Seperti yang kita tahu bahwa Andrid dikembangkan dari kernel Linux, sedangkan untuk Harmonyos ini tidak dikembangkan dari Kernel Linux.

Harmonyos dikembangkan dari sebuah microkernel baru yang ukurannya lebihkecil dibanding kernel monolitik Linux.

Selain itu, Huawei juga menyebutkan bahwa OS mereka ini mempunyai konsep jauh berbeda dibandingkan Android. Mereka menyebut konsep tersebut sebagai OS terdistribusi. Mereka mengklaim OS mereka bisa meningkatkan performa dengan signifikan.

Selanjutnya, Harmony-os juga memiliki sistem penjadwalan yang canggih dengan nama Deterministic Latency Engine. Jadi singkatnya sistem ini merupakan sebuah mekanisme untuk mengatur waktu, aplikasi, dan juga alokasi daya yang efisien.

Sistem penjadwalan canggih pada Harmonyos ini disebut dengan nama Deterministic Latency Engine. Mekanisme pada sistem ini menggunakan analisis beban waktu yang nyata, pencocokan karakteristik dari aplikasi, dan perkiraan alokasi sumber daya yang efisien.

Huawei bahkan mengklaim bahwa mekanisme ini bisa mendongkrak sampai 25,7% untuk latensi respn dan 55,6% untuk fluktuasi latensi.

Tidak seperti Android, Harmony-os tidak memiliki akses root, alasannya adalah untuk meningkatkan keamanan sistem dan perangkat Harmony-os secara umum. Huawei mengatakan bahwa Harmony-os akan menggunakan metode verifikasi untuk memperkuat keamanan dari microkernelnya.

Demikianlah review singkat mengenai Harmony-os, sebuah sistem operasi baru untuk Smartphone masa kini. Meskipun OS ini adalah alternatif dari Android karena danya sanksi yang diterima sejumlah perusahaan China, namun Huawei mengklaim OS ini sudah dikembangkan sejak lama sebelum adanya sanksi.

Baca Juga : Review Spesifikasi Sony TV 4K

 

 

Salam Penulis,

Mochamad Alif Prayogo

Share :

Baca Juga

Samsung Galaxy A52s 5G

Handphone & Aksesoris

Samsung Galaxy A52s 5G
Samsung Galaxy Note 10 Pro

Handphone & Aksesoris

Samsung Galaxy Note 10 Pro

Handphone & Aksesoris

Samsung Galaxy S20 FE
sony xperia x10

Handphone & Aksesoris

Sony Ericsson X10
infinix itel vision 1

Handphone & Aksesoris

Infinix itel vision 1
huawei y6 2018

Handphone & Aksesoris

Huawei y6 2018
Daftar Harga Iphone 8 Bekas Juli 2022

Handphone & Aksesoris

Daftar Harga iPhone 8 Bekas Juli 2022
assus zenfone 2

Handphone & Aksesoris

Assus zenfone 2
%d blogger menyukai ini: